Cara Mematikan Fitur Download Otomatis di WhatsApp

Cara Mematikan Fitur Download Otomatis di WhatsApp

Posted on

ElmStreetEconomy.com – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang sering menggunakan banyak ruang penyimpanan di ponsel.

Ketika waktu penggunaan menjadi alami, WhatsApp membutuhkan penyimpanan dalam jumlah besar, yang tidak nyaman bagi sebagian orang. Apalagi bila kapasitas penyimpanan ponsel yang digunakan kecil.

Banyaknya data yang disimpan biasanya disebabkan oleh WhatsApp yang secara otomatis mengunduh atau mengunduh file seperti foto dan video yang dikirim oleh pengguna lain, yang menumpuk dan meningkatkan penggunaan kapasitas penyimpanan.

Untungnya, untuk meminimalkan hal tersebut, aplikasi WhatsApp tidak dapat diunduh secara otomatis, sehingga Anda dapat memilih dan memilih foto, video, atau file yang akan Anda buka dan simpan nanti.

Cara Mematikan Download Otomatis di WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda
  2. Di halaman utama, pilih menu Opsi dengan ikon tiga titik
  3. Kemudian pilih menu Pengaturan
  4. Pilih menu Penyimpanan & Data
  5. Buka bagian Unduhan Media Otomatis
  6. Hapus daftar periksa foto, audio, video, dan dokumen untuk Data Seluler, Terhubung melalui Wi-Fi, dan Roaming
  7. Tekan tombol OK
  8. Fitur pengunduhan media otomatis juga dinonaktifkan

Cara Mematikan Download Otomatis di WhatsApp

Ketika semua jenis data dinonaktifkan, aplikasi WhatsApp tidak akan lagi mengunduh file yang dikirim oleh pengguna lain secara langsung. Kemudian, Anda perlu mengunduh file yang diambil secara manual dari halaman obrolan atau grup satu per satu.

Misalnya, setiap kali Anda mengirim foto, Anda harus dapat menyimpan dan melihatnya dengan menekan tanda unduh di tengah file. Jika tidak, bingkai akan terlihat buram. Ini akan menghemat lebih banyak penggunaan ruang penyimpanan, karena tidak semuanya segera tersedia. Hal ini sangat berguna ketika ponsel Anda memiliki kapasitas kecil.

Di sisi lain, jika Anda ingin mengaktifkan kembali fitur pengunduhan media otomatis, Anda dapat mengulangi langkah-langkah ini. Bedanya, Anda perlu menambahkan checklist agar fungsi tersebut aktif kembali.