5 perbedaan besar antara Safari dan Chrome di iOS

Posted on

Ada banyak kesamaan antara browser Internet untuk iPhone dan iPad, dan pada akhirnya, semuanya memungkinkan Anda menjelajahi situs web dengan cara yang sama. Namun, mereka memiliki fungsi tambahan atau estetika yang berbeda yang membuat kita memilih satu atau yang lain. Ini adalah kasus Safari, browser asli Apple, dan Google Chrome, alternatif par excellence.

Ada banyak perbedaan antara menggunakan Safari dan Chrome di iOS dan iPadOS. Bukan karena mereka mengubah pengalaman secara tiba-tiba, tetapi mereka memang memiliki perubahan yang luar biasa. Untuk itu, dalam postingan kali ini kami ingin mengulas lima perbedaan utama yang, setidaknya menurut kami, sangat mendasar ketika memilih satu atau yang lain.

Perubahan Besar Safari dan Chrome

  1. Pribadi: meskipun pada akhirnya memang benar bahwa seseorang tidak pernah menjelajah Internet dengan aman, kenyataannya adalah kedua browser ini mencoba menawarkan alat untuk itu. Keduanya menawarkan opsi untuk memblokir pelacak, meskipun kenyataannya Safari melangkah lebih jauh dengan alat yang jauh lebih ringkas melawan keterbatasan Chrome.
  2. Penerjemah: Dimulai dengan iOS dan iPadOS 14, Safari menawarkan penerjemah bawaan untuk mengunjungi situs web dalam bahasa lain. Dan meskipun pengoperasiannya bagus dan cepat, kenyataannya Chrome mendukung lebih banyak bahasa dan terjemahannya terlihat lebih alami. Tidak mengherankan, Google telah mengembangkan penerjemahnya selama bertahun-tahun, menjadi yang paling populer secara global.
  3. Ekstensi: Jika Safari digunakan di iOS atau iPadOS 15 (atau lebih baru), semua jenis ekstensi dapat diinstal: penerjemah, pemblokir iklan, mode web gelap paksa, dll. Namun, masih ada katalog opsi yang jauh lebih luas dan lebih bermanfaat di Google Chrome.

ekstensi safari

  1. versi desktop: Meskipun di iPhone ini adalah sesuatu yang sekunder, di iPad semakin umum untuk menggunakannya secara horizontal. Oleh karena itu pentingnya untuk dapat mengunjungi website dalam format desktop yang selalu menawarkan tampilan yang lebih luas dan lengkap dibandingkan versi mobile. Nah, Safari di iPad menawarkan penjelajahan versi desktop sebagai standar, sementara di Chrome Anda harus memaksanya secara manual dan hasilnya tidak selalu seperti yang diharapkan.
  2. Pertunjukan: Untuk tujuan praktis, mereka adalah dua browser yang dioptimalkan dengan sangat baik pada kedua sistem, tetapi dalam berbagai pengujian telah ditunjukkan bahwa, dengan koneksi yang sama, Safari lebih cepat saat membuka situs web dan mengelola banyak tab yang terbuka. Meskipun sejujurnya, tidak ada banyak perbedaan antara satu browser dan browser lainnya pada sistem ini seperti yang terlihat di desktop, di mana Safari sangat lebih efisien daripada Chrome.

Tidak ada browser yang lebih baik dari yang lain

Jelas, seperti yang kami sebutkan sebelumnya, ada lebih banyak perbedaan antara kedua browser. Namun, kami percaya bahwa ini adalah poin yang paling penting. Namun jangan bingung juga, karena walaupun Safari telah keluar sebagai “pemenang” di 3 dari 5 poin yang dibahas, pada akhirnya hal ini tidak menentukan.

Memilih antara satu atau yang lain akan selalu bergantung pada kepentingan yang Anda berikan pada setiap bagian. Jika, misalnya, menggunakan ekstensi sangat penting bagi Anda, ini mungkin melebihi kemampuan menggunakan versi desktop di iPad secara default. Hal yang sama terjadi secara terbalik. Dan bagaimanapun, Anda harus selalu mengingat keberadaan browser lain yang juga mengintegrasikan fungsi menarik untuk kedua perangkat Apple ini.